1. Price
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli
dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga
Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di
Indonesia, perbungkus indomie dihargai tidak mencapai RP.1500.
2. Product
Mie asli Indonesia yang diproduksi oleh indofood ini
merupakan salah satu dari sedikit produk Indonesia yang mampu menembus pasar Internasional.
Di Indonesia sebutan “indomie” sudah umum digunakan sebagai istilah yang
merujuk pada mie instan. Produk mie instan ini sangat digemari oleh
masyarakat karena harganya ekonomis dan citarasa yang telah disesuaikan dengan
selera masyarakat Indonesia. Intinya mie ini sangat Indonesia. Mulai dari
aroma, rasa asin, manis, gurih, semuanya sangat pas dilidah orang Indonesia.
Kecapnya yang kental dan manis itu tidak ada tandingannya. Indomie pun berusaha
untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin
banyaknya variasi dari produk indomie, seperti mie goreng, mie rebus, mie
jumbo, mie regional ( mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional
daerah Indonesia.
Perusahaan pembuat mie instan ini mengklaim bahwa mie
tersebut termasuk makanan sehat dan bergizi. Mie itu disebut memiliki kandungan
gizi, seperti protein, energi, asam folat, mineral besi, natrium,dan berbagai
vitamin.
Saat diluar negeri pun ternyata Indomie itu merupakan
perbekalan yang harus wajib dibawa. Bukan karena kepraktisannya saja, melainkan
untuk mengobati rasa rindu kepada tanah air Indonesia.
3. Place
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi
terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah
titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005,
sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan
penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet
retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat
melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.
Setiap daerah mempunyai pusat perbelanjaan yang didalamnya terdapat produk
indomie, atau diperumahan biasanya di warung-warung banyak juga
dijual. Di Yogyakarta pun agen-agen Indofood juga
bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo
(warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai
menu utama).
4. Promotion
Promosi yang dilakukan oleh pihak indofood untuk
memperkenalkan indomie kepada masyarakat adalah melalui iklan di media cetak
maupun elektronik. Iklan dimedia cetak maupun media televisi tidak
pernah berkurang. Oleh karena itu indomie (mie instan) sudah melekat pada diri
masyarakat luas. Selain itu indofood sering menjadi sponsor diberbagai macam
kegiatan. Semua produk dipamerkan dan dipajang di acara kegiatan tersebut. Hal
tersebut mau tidak mau dilakukan oleh pihak indofood karena memang merupakan
permintaan yang luar biasa. Apalagi saat terjadi bencana alam, baik itu gempa
bumi, banjir, atau tanah longsor, produk indofood berupa mie instan itu akan
menjadi makanan favorit yang paling mudah didapat terutama pada masa tanggap
darurat. Makanan ini bukan hanya dinikmati oleh para korban, para relawan pun
akan memakan mie instan yang sama.
5. People
Dalam produknya indomie, para produksinya juga memberikan
pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Sehingga dimata konsumen, indomie
merupakan makanan instan yang enak, ekonomis, dan mempunyai cita rasa yang baik
buat orang Indonesia. Bukan hanya orang-orang dari dalam produksinya. Tetapi
sudah banyak produsen yang menjual dan memasarkannya, seperti agen-agen, atau
toko-toko besar. Bukan hanya toko atau agen saja tetapi beberapa warung kecil
juga memasarkannya. Peleyanan yang diberikan oleh pihak indofood tentunya
sangat baik, sehingga masyarakat sangat akrab dengan produk makanan ini.
6. Process
Produk atau jasa yang telah diberikan oleh pihak indofood
sangat baik sehingga terbuka oleh setiap masyarakat. Pihak indofood secara
turun tangan untuk memperkenalkan indomie kedalam masyarakat luas sehingga
menjadi makanan yang baik. Baik secara produk, pelayanan yang diberikan dapat
diselesaikan dengan baik. Pihak indofood memproduksi lebih dari ratusan, bahkan
ribuan untuk memproduksi indomie, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi,
dan mudah untuk mendapatkannya karena telah tersebar keseluruh indonesia. Oleh
sebab itu, indofood memberikan pelayanan, dan mengetahui selera masyarakat
terhadap indomie. Processnya dapat dilakukan dengan melakukan promo, dan
menjadikannya sponsor dalam suatu kegiatan atau organisasi.
7. Phyical evidence
Perangkat yang dipergunakan oleh pihak indofood untuk
memperkenalkan indomie secara luas bisa dilihat dari bentuk kemasan yang
mempunyai daya tarik bagi para konsumennya, karena terlihat sangat menarik dan
membuat konsumen ingin mencobanya. Kualitasnya sangat baik, dikemas secara
baik, ditata dalam dus sehingga pihak indofood secara tidak langsung memberikan
pelayanan yang terbaik bagi para konsumen.
saya kupas boleh kan fany
ReplyDeletebuat tugas kuliah?
iya boleh...
ReplyDeletecontoh nya bagus dan lengkap
ReplyDeletebisa buat referensi tugas, makasihh..
membantu
ReplyDeleteijin copas kak
ReplyDeleteijin liat foto kakaknya yahh :D
ReplyDeleteijin copas buat bahan kuliah ya kak
ReplyDeleteIngin menambahkan dan agak sedikit koreksi. 1 - 4 yakni product, price, place, dan promotion merupakan BAURAN PEMASARAN PRODUK yang biasa disebut dengan 4P.
ReplyDeleteSedangkan 5 - 7 yakni people, process, dan physical evidence merupakan merupakan tambahan yang akhirnya ke - 7 aspek ini menjadi BAURAN PEMASARAN JASA.
Untuk kasus Indomie, tidak bisa ditulis serta merta Bauran pemasaran jasa yang notabene jelas barang produk bukan barang jasa. Jadi mungkin, pada artikel ini jika ingin menggunakan Indomie, hanya menggunakan 4P yaitu product, price, place, dan promotion :)
copas lagi kak
ReplyDeletemakasi kaka cantik :)
ReplyDeleteizin menggunakan artikel
ReplyDeletemasuk akal contohnya
ReplyDeleteKalo yang jasa ada ga teteh
ReplyDeleteAnda mau meningkatkan kekompakan kerja lebih produktif, bahkan lebih efektif dari sebelumnya..silakan lihat sekarang disini cara meningkatkan kekompakan kerja
ReplyDeleteIyess
ReplyDeleteka izin copas buat tugas
ReplyDeleteTerima kasih banyaaaak!
ReplyDeleteSaya pelajari buat tugas saya boleh yaaaa
Thanks
ReplyDeleteWow
ReplyDeleteWeh apaan coba
Deletemakasih kkc dah beri aku info y
ReplyDeleteTerimakasih informasi nya kak
ReplyDeletehey wazzap
ReplyDeleteKak ijin copas ya kak mau buat tugas
ReplyDeleteboleh tau IG nya ka? saya mau konsul
ReplyDeleteThat is really nice to hear. thank you for the update and good luck. Blog Comments
ReplyDelete