Saturday, November 2, 2013

contoh Bauran Pemasaran Marketing Mix Of Produk mie instan


 1.      Price
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai tidak mencapai  RP.1500.

2.      Product
Mie asli Indonesia yang diproduksi oleh indofood ini merupakan salah satu dari sedikit produk Indonesia yang mampu menembus pasar Internasional. Di Indonesia sebutan “indomie” sudah umum digunakan sebagai istilah yang merujuk pada  mie instan. Produk mie instan ini sangat digemari oleh masyarakat karena harganya ekonomis dan citarasa yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Intinya mie ini sangat Indonesia. Mulai dari aroma, rasa asin, manis, gurih, semuanya sangat pas dilidah orang Indonesia. Kecapnya yang kental dan manis itu tidak ada tandingannya. Indomie pun berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin banyaknya variasi dari produk indomie, seperti mie goreng, mie rebus, mie jumbo, mie regional ( mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah Indonesia.
Perusahaan pembuat mie instan ini mengklaim bahwa mie tersebut termasuk makanan sehat dan bergizi. Mie itu disebut memiliki kandungan gizi, seperti protein, energi, asam folat, mineral besi, natrium,dan berbagai vitamin.
Saat diluar negeri pun ternyata Indomie itu merupakan perbekalan yang harus wajib dibawa. Bukan karena kepraktisannya saja, melainkan untuk mengobati rasa rindu kepada tanah air Indonesia.


3.      Place
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Setiap daerah mempunyai pusat perbelanjaan yang didalamnya terdapat produk indomie, atau diperumahan biasanya di warung-warung banyak juga dijual.  Di Yogyakarta pun  agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama).

4.      Promotion
Promosi yang dilakukan oleh pihak indofood untuk memperkenalkan indomie kepada masyarakat adalah melalui iklan di media cetak maupun elektronik.  Iklan dimedia cetak maupun media televisi tidak pernah berkurang. Oleh karena itu indomie (mie instan) sudah melekat pada diri masyarakat luas. Selain itu indofood sering menjadi sponsor diberbagai macam kegiatan. Semua produk dipamerkan dan dipajang di acara kegiatan tersebut. Hal tersebut mau tidak mau dilakukan oleh pihak indofood karena memang merupakan permintaan yang luar biasa. Apalagi saat terjadi bencana alam, baik itu gempa bumi, banjir, atau tanah longsor, produk indofood berupa mie instan itu akan menjadi makanan favorit yang paling mudah didapat terutama pada masa tanggap darurat. Makanan ini bukan hanya dinikmati oleh para korban, para relawan pun akan memakan mie instan yang sama.
5.      People
Dalam produknya indomie, para produksinya juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Sehingga dimata konsumen, indomie merupakan makanan instan yang enak, ekonomis, dan mempunyai cita rasa yang baik buat orang Indonesia. Bukan hanya orang-orang dari dalam produksinya. Tetapi sudah banyak produsen yang menjual dan memasarkannya, seperti agen-agen, atau toko-toko besar. Bukan hanya toko atau agen saja tetapi beberapa warung kecil juga memasarkannya. Peleyanan yang diberikan oleh pihak indofood tentunya sangat baik, sehingga masyarakat sangat akrab dengan produk makanan ini.

6.      Process
Produk atau jasa yang telah diberikan oleh pihak indofood sangat baik sehingga terbuka oleh setiap masyarakat. Pihak indofood secara turun tangan untuk memperkenalkan indomie kedalam masyarakat luas sehingga menjadi makanan yang baik. Baik secara produk, pelayanan yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Pihak indofood memproduksi lebih dari ratusan, bahkan ribuan untuk memproduksi indomie, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi, dan mudah untuk mendapatkannya karena telah tersebar keseluruh indonesia. Oleh sebab itu, indofood memberikan pelayanan, dan mengetahui selera masyarakat terhadap indomie. Processnya dapat dilakukan dengan melakukan promo, dan menjadikannya sponsor dalam suatu kegiatan atau organisasi.

7.      Phyical evidence
Perangkat yang dipergunakan oleh pihak indofood untuk memperkenalkan indomie secara luas bisa dilihat dari bentuk kemasan yang mempunyai daya tarik bagi para konsumennya, karena terlihat sangat menarik dan membuat konsumen ingin mencobanya. Kualitasnya sangat baik, dikemas secara baik, ditata dalam dus sehingga pihak indofood secara tidak langsung memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen.

26 comments:

  1. saya kupas boleh kan fany
    buat tugas kuliah?

    ReplyDelete
  2. contoh nya bagus dan lengkap
    bisa buat referensi tugas, makasihh..

    ReplyDelete
  3. ijin copas buat bahan kuliah ya kak

    ReplyDelete
  4. Ingin menambahkan dan agak sedikit koreksi. 1 - 4 yakni product, price, place, dan promotion merupakan BAURAN PEMASARAN PRODUK yang biasa disebut dengan 4P.
    Sedangkan 5 - 7 yakni people, process, dan physical evidence merupakan merupakan tambahan yang akhirnya ke - 7 aspek ini menjadi BAURAN PEMASARAN JASA.

    Untuk kasus Indomie, tidak bisa ditulis serta merta Bauran pemasaran jasa yang notabene jelas barang produk bukan barang jasa. Jadi mungkin, pada artikel ini jika ingin menggunakan Indomie, hanya menggunakan 4P yaitu product, price, place, dan promotion :)

    ReplyDelete
  5. Anda mau meningkatkan kekompakan kerja lebih produktif, bahkan lebih efektif dari sebelumnya..silakan lihat sekarang disini cara meningkatkan kekompakan kerja

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyaaaak!
    Saya pelajari buat tugas saya boleh yaaaa

    ReplyDelete
  7. boleh tau IG nya ka? saya mau konsul

    ReplyDelete
  8. That is really nice to hear. thank you for the update and good luck. Blog Comments

    ReplyDelete