Aspek-aspek Pemasaran Internasional
Pengertian
Pemasaran
Internasional adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis yang mengarahkan
arus barang dan jasa kepada konsumen atau pemakai pada lebih dari satu negara.
Istilah
pemasaran internasional juga dipakai dalam pengertian yang sangat umum untuk
mengacu kepada segala jenis keterlibatan di luar pasar domestik perusahaan.
Pasar
domestik merujuk pada praktik-praktik pemasaran pada sebuah negara asal pemasar
Pemasaran
global juga merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang
menekankan pada :
1.
Efisiensi biaya dan upaya yang menembus batas negara
dan regional
2.
Kesempatan mentransfer produk, merek, dan ide lain
yang melampaui negara
3.
Memenuhi kebutuhan pelanggan global
Mengapa Melakuakan Pemasaran
Internasional
- Kejenuhan pasar domestik
- Defisit perdagangan Luar Negeri
- Globalisasi pasar
- Peluang melalui bantual Luar Negeri
- Alasan-alasan lain (skala ekonomi, jaminan bahan baku, dll)
Kompetensi Pemasaran Internasional
1. Kemampuan
untuk menangani rintangan yang dihamparkan oleh pemerintah-pemerintah yang
menghalang-halangi arus bebas barang dan jasa yang melewati perbatasan mereka.
2. Kemampuan
untuk mengatasi perbedaan-perbedaan yang selalu ada pada saat mengekspor atau
berkiprah di dalam satu atau lebih negara.
3. Kemampuan
untuk menyokong dan mengevaluasi ekspor atau upaya pemasaran asing
Kekuatan
yang mendorong pemasaran global , yaitu :
1.
Teknologi
2.
Perjanjian ekonomi regional
3.
Kebutuhan dan ekonomi pasar
4.
Perbaikan transportasi dan komunikasi
5.
Biaya pengembangan produk
6.
Kualitas
7.
Pertumbuhan ekonomi dan berkurangnya hambatan
perdagangan
Sikap sikap dalam bisnis
internasional,yaitu :
.
Sikap ETNOSENTRIS (home country-oriented)
Merupakan pandangan
parokialistis yang meyakini bahwa cara kerja dan pendekatan dalam menyelesaikan
pekerjaan di negaranyalah yang terbaik dan bahwa orang lain di luar negaranya
tidak sekompeten orang dari negaranya dalam membuat keputusan atau dalam hal
teknologi.
2. Sikap POLISENTRIS
(host country-oriented)
Meyakini bahwa manajer
negara asinglah yang paling tahu pendekatan dan praktek kerja terbaik sehingga
karyawan asing diberi kebebasan untuk membuat keputusan.
3. Sikap GEOSENTRIS
(world oriented)
Tidak membeda-bedakan
negara asal karyawan. Yang dicari adalah pendekatan dan SDM terbaik bagi
perusahaan
Pelaku Utama dalam PI
1.
Perusahaan Multinasional (MNC)
- Perusahaan Global
- Perusahaan jasa
- Eksportir
- Importir
Jenis-jenis Organisasi Global:
1.Multinational Corporation (MNC)
Merupakan perusahaan
dengan pendekatan etnosentris karena menjalankan operasional di banyak negara
tetapi pembuatan keputusan utama dilakukan di perusahaan di negara asal.
Contoh: Sony, ExxonMobil, Deutsche Bank.
2.Transnational Corporation (TNC)
Merupakan organisasi
dengan pendekatan polisentris karena menjalankan operasional di banyak negara
dengan cara mendesentralisasikan pengelolaan perusahaan (terutama strategi
pemasaran) pada manajemen lokal. Contoh: McD.
3.Borderless Organization
Merupakan perusahaan
dengan pendekatan geosentris karena menjalankan operasional di banyak negara
dengan cara menghilangkan hambatan geografis yang bersifat artifisial melalui
penghapusan pembagian divisi berdasarkan negara (penghapusan divisi
struktural).
Sifat Kerjasama Ek. Intl.
- Bilateral
- Multilateral
- Regional
- Antar Regional
- Internasional
Organisasi Ekonomi dan Perjanjian
Perdagangan Internasional
- WTO
- APEC
- AFTA
- ACFTA
- Dll
terimakasih, ini membantu. anda tidak update lagi kah? :)
ReplyDeleteterimakasih, ini membantu. anda tidak update lagi kah? :)
ReplyDelete