7 (tujuh) Elemen Penting dalam KOMUNIKASI BISNIS :
1) STRUKTUR
Bagaimana
struktur komunikasi anda adalah dasar untuk mudah diserap dan dipahami
oleh audiens anda. Setiap komunikasi yang baik harus memiliki tiga unsur
struktural yaitu : (1)Membuka, (2)tubuh, (3)menutup. Tidak perduli apa
bentuk komunikasi Anda, misalkan : memo, panggilan telepon, pesan voice
mail, presentasi pribadi, pidato, email, halaman Web, atau presentasi
multi-media. Komunikasi audiens anda, mungkin bisa hanya satu orang,
sebuah tim kecil, kelompok orang bisa dalam skala nasional bahkan
global.
2) KEJELASAN
Messaqe yang anda ingin sampaikan harus
jelas, dan jangan memberikan pesan yang membingungkan untuk audiens
anda, supaya pesan anda tidak diabaikan.
3) KONSISTENSI
Informasi bisnis yang anda sampaikan jangan sampai inkonsistensi dari pesan yang telah anda sampaikan kepada pelanggan anda.
4) PILIHAN
Komunikasi Bisnis yang harus anda lakukan dengan menggunakan presentasi, pameran, ceramah, seminar, road show dll.
5) RELEVANSI.
Realitas psikologis adalah bahwa konsumen tertarik pada subjek komunikasi bisnis , karena figur atau sesuatu yang di idolakan.
6) JANGKA WAKTU.
Hal
ini penting untuk mengetahui Kekuatan Komunikasi Bisnis atas sebuah
produk barang atau jasa bisa diingat lebih lama oleh konsumen atau
pelanggan.
7) PSIKOLOGIS ATURAN 7±2 (tujuh plus / minus dua)
Konsumen anda hanya mampu menerima pada antara lima dan sembilan informasi pada satu waktu
No comments:
Post a Comment