Pemasaran
Inti
dari pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasikan dan memenuhi kebutuhan
manusia dan sosial. Atau memenuhi suatu kebutuhan dengan cara menguntungkan. Manajemen pemasaran (marketing management) sebagai seni dan ilmu
memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan
dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang
unggul. Definisi sosial nya menunjukkan
peran yang dimainkan pemasaran di dalam masyarakat dalam artian pemasaran
adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara
bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai bagi orang lain. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan
memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa bisa sesuai dengan
kebutuhannya sehingga terjual. Ideal nya pemasaran harus menghasilkan seorang
pelanggan yang siap untuk membeli.
Apa yang dipasarkan?
orang
orang pemasaran memasarkan 10ntipe entitas : barang, jasa, acara, pengalaman,
orang, tempat, properti (hak kepemilikan), organisasi, informasi, dan ide.
Siapa yang memasarkan?
Pemasar
dan prospek. Pemasar (marketer) adalah seseorang yang mencari
respons/perhatian, pembelian, dukungan, sumbangan dari pihak lain yang di sebut
prospek(prospect). Ada delapan keadaan permintaan yang mungkin terjadi :
1.
Permintaan
negatif-konsumen tidak menyukai produk tersebut
2.
Permintaan
yang tidak ada-konsumen tidak tertarik dengan produk
3.
Permintaan
laten-konsumen mempunyai kebutuhan yang tidak dipenuhi produk yang ada
4.
Permintaan
yang menurun-konsumen mulai jarang membeli produk
5.
Permintaan
tidak teratur-konsumen membeli secara musiman
6.
Permintaan
penuh-konsumen membeli semua produk yang ada di pasar
7.
Permintaan
berlimpah-konsumen mau membeli produk berlipat dari produk yang ada
8.
Permintaan
tak sehat-konsumen tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang
tidak di inginkan
Pemasar
sering menggunakan istilah pasar(market)
untuk mencakup berbagai pengelompokkan pelanggan. Terdapat beberapa pasar yaitu
:
1.
Pasar
konsumen-perusahaan menjual barang kebutuhan konsumen dan jasa dalam jumlah
besar seperti makanan dan minuman dll
2.
Pasar
bisnis-perusahaan yang menjual barang dan jasa untuk bisnis yang kemudian
pembeli bisnis akan menjual kembali sebuah produk kepada orang lain untuk
mendapatkan laba.
3.
Pasar
global-perusahaan akan menghadapi kendala global seperti negara mana yang akan
dimasuki, bagaimana cara memasuki negara tersebut dll
4.
Pasar
nirlaba dan pemerintah-perusahaan menjual barangnya kepada organisasi nirlaba
seperti universitas,lembaga pemerintah dan orgnisasi amal.
Pemasaran dalam praktik
Pemasaran
harus memenuhi setiap aspek dari pengalaman pelanggan. Perusahaan pada umumnya
membentuk departemen pemasaran guna bertanggung jawab untuk menciptakan serta
memberi nilai pada pelanggan.
Konsep inti dalam pemasaran
Kebutuhan, keinginan, dan
permintaan
kebutuhan
adalah syarat hidup dasar manusia. Contoh nya seperti kebutuhan akan
makanan,tempat tinggal dll. Kebutuhan ini menjadi keinginan ketika di arahkan
ke objek tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Sedangkan permintaan
adalah keinginan akan produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan untuk
membayar atau membeli.
Pasar sasaran,positioning,dan
segmentasi
Pemasar
memulai dengan membagi-bagi pasar ke dalam segmen-segmen. Setelah
mengidentifikasikan segmen pasar,pemasar lalu memutuskan segmen mana yang
memberikan peluang terbesar. Segmen itulah yang akan menjadi pasar sasarannya.
Untuk setiap segmen, perusahaan mengembangkan suatu penawaran pasar yang
diposisikannya di dalam benak pembeli sasaran sebqagai keuntungan utama.
Penawaran dan merek
Perusahaan
memenuhi kebutuhan dengan mengajukan sebuah proposisi nilai(value proposition)
yaitu serangkaian keuntungan yang mereka tawarkan kepada pelanggan untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan. Penawaran dapat berupa suatu kombinasi
produk,jasa,informasi,dan pemgalaman. Merek(brand) adalah suatu penawaran dari
sumber yang diketahui.
Nilai dan kepuasan
Nilai
adalah kombinasi kualitas,pelayanan, dan harga. konsep yang sentral perannya
dalam pemasaran. Sedangkan kepuasan mencerminkan penilaian seseorang tentang
kinerja produk anggapan ny(atau hasil) dalam kaitannya dengan ekspektasi
Saluran pemasaran
Untuk
mencapai pasar sasaran, pemasar menggunakan tiga jenis saluran pemasaran.
Saluran komunikasi-menyampaikan dan menerima pesan dari pembeli sasaran.
Pemasar menggunakan saluran distribusi untuk menggelar,menjual,atau
menyampaikan produk fisik atau jasa kepada pelanggan atau pengguna. Pemasar
juga menggunakan saluran layanan untuk melakukan transaksi dengan calon pembeli
Rantai pasokan
Rantai
pasokan (supply chain) adalah saluran yang lebih panjang yang membentang dari
bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang dihantarkan ke pembeli
akhir.
Persaingan
Persaingan
mencakup semua penawaran dan produksi subtitusi yang di tawarkan oleh pesaing,
baik yang aktual maupun potensial, yang mungkin di pertimbangkan oleh seorang
pembeli.
Lingkungan pemasaran
Lingkungan
pemasaran terdiri dari lingkungan tugas dan luas. Lingkungan tugas mencakup
para pelaku yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi penawaran.
Lingkungan luas terdiri dari enam komponen : lingkungan demografis, ekonomi,
fisik, tehnologi, lingkungan politik-hukum, dan lingkungan sosial budaya
No comments:
Post a Comment