Wednesday, December 18, 2013

ruang lingkup pemasaran



Pemasaran
Inti dari pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasikan dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Atau memenuhi suatu kebutuhan dengan cara menguntungkan. Manajemen pemasaran  (marketing management) sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.  Definisi sosial nya menunjukkan peran yang dimainkan pemasaran di dalam masyarakat dalam artian pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai bagi orang lain.  Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa bisa sesuai dengan kebutuhannya sehingga terjual. Ideal nya pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli.
Apa yang dipasarkan?
orang orang pemasaran memasarkan 10ntipe entitas : barang, jasa, acara, pengalaman, orang, tempat, properti (hak kepemilikan), organisasi, informasi, dan ide.
Siapa yang memasarkan?
Pemasar dan prospek. Pemasar (marketer) adalah seseorang yang mencari respons/perhatian, pembelian, dukungan, sumbangan dari pihak lain yang di sebut prospek(prospect). Ada delapan keadaan permintaan yang mungkin terjadi :
1.     Permintaan negatif-konsumen tidak menyukai produk tersebut
2.    Permintaan yang tidak ada-konsumen tidak tertarik dengan produk
3.    Permintaan laten-konsumen mempunyai kebutuhan yang tidak dipenuhi produk yang ada
4.    Permintaan yang menurun-konsumen mulai jarang membeli produk
5.    Permintaan tidak teratur-konsumen membeli secara musiman
6.    Permintaan penuh-konsumen membeli semua produk yang ada di pasar
7.    Permintaan berlimpah-konsumen mau membeli produk berlipat dari produk yang ada
8.    Permintaan tak sehat-konsumen tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak di inginkan
Pemasar sering menggunakan istilah pasar(market) untuk mencakup berbagai pengelompokkan pelanggan. Terdapat beberapa pasar yaitu :
1.     Pasar konsumen-perusahaan menjual barang kebutuhan konsumen dan jasa dalam jumlah besar seperti makanan dan minuman dll
2.    Pasar bisnis-perusahaan yang menjual barang dan jasa untuk bisnis yang kemudian pembeli bisnis akan menjual kembali sebuah produk kepada orang lain untuk mendapatkan laba.
3.    Pasar global-perusahaan akan menghadapi kendala global seperti negara mana yang akan dimasuki, bagaimana cara memasuki negara tersebut dll
4.    Pasar nirlaba dan pemerintah-perusahaan menjual barangnya kepada organisasi nirlaba seperti universitas,lembaga pemerintah dan orgnisasi amal.
Pemasaran dalam praktik
Pemasaran harus memenuhi setiap aspek dari pengalaman pelanggan. Perusahaan pada umumnya membentuk departemen pemasaran guna bertanggung jawab untuk menciptakan serta memberi nilai pada pelanggan.
Konsep inti dalam pemasaran
Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia. Contoh nya seperti kebutuhan akan makanan,tempat tinggal dll. Kebutuhan ini menjadi keinginan ketika di arahkan ke objek tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan untuk membayar atau membeli.
Pasar sasaran,positioning,dan segmentasi
Pemasar memulai dengan membagi-bagi pasar ke dalam segmen-segmen. Setelah mengidentifikasikan segmen pasar,pemasar lalu memutuskan segmen mana yang memberikan peluang terbesar. Segmen itulah yang akan menjadi pasar sasarannya. Untuk setiap segmen, perusahaan mengembangkan suatu penawaran pasar yang diposisikannya di dalam benak pembeli sasaran sebqagai keuntungan utama.
Penawaran dan merek
Perusahaan memenuhi kebutuhan dengan mengajukan sebuah proposisi nilai(value proposition) yaitu serangkaian keuntungan yang mereka tawarkan kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Penawaran dapat berupa suatu kombinasi produk,jasa,informasi,dan pemgalaman. Merek(brand) adalah suatu penawaran dari sumber yang diketahui.

Nilai dan kepuasan
Nilai adalah kombinasi kualitas,pelayanan, dan harga. konsep yang sentral perannya dalam pemasaran. Sedangkan kepuasan mencerminkan penilaian seseorang tentang kinerja produk anggapan ny(atau hasil) dalam kaitannya dengan ekspektasi
Saluran pemasaran
Untuk mencapai pasar sasaran, pemasar menggunakan tiga jenis saluran pemasaran. Saluran komunikasi-menyampaikan dan menerima pesan dari pembeli sasaran. Pemasar menggunakan saluran distribusi untuk menggelar,menjual,atau menyampaikan produk fisik atau jasa kepada pelanggan atau pengguna. Pemasar juga menggunakan saluran layanan untuk melakukan transaksi dengan calon pembeli
Rantai pasokan
Rantai pasokan (supply chain) adalah saluran yang lebih panjang yang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang dihantarkan ke pembeli akhir.
Persaingan
Persaingan mencakup semua penawaran dan produksi subtitusi yang di tawarkan oleh pesaing, baik yang aktual maupun potensial, yang mungkin di pertimbangkan oleh seorang pembeli.
Lingkungan pemasaran
Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan tugas dan luas. Lingkungan tugas mencakup para pelaku yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi penawaran. Lingkungan luas terdiri dari enam komponen : lingkungan demografis, ekonomi, fisik, tehnologi, lingkungan politik-hukum, dan lingkungan sosial budaya

No comments:

Post a Comment